RESEP MEMBUAT SAMBALADO JARIANG PICAK



Alhamdulillah.. awalnya bikin akun ini cuma iseng tapi ternyata bisa nambah temen & nambah ilmu.. beberapa waktu lalu saya baca dm dari salah satu temen follower yang kirim foto masakan mamanya.. sambalado jariang picak.., kalo di translate kira-kira artinya sambel jengkol gepeng 😁 pas di jelasin cara bikinnya jadi ngiler pengen buru-buru masak, udah kebayang enaknya karena pake minyak tanak (minyak kelapa) dan ampas minyak.. selama ini sy pake minyak tanak cuma buat masak dendeng lambok, itupun di irit-irit makenya😅 nah berhubung stok minyak tanak udh habis dan kalo bikin bisa lamaaaa ngabisin waktu... jadi nunggu mood dulu😅 kemaren baru bisa eksekusi daaan langsung ludesss.. enaaaak banget jengkolnya jadi wangi kelapa... jazakillah khoir ya uni @gieagiesta untuk resepnya 🙏 beneran enak👌

RESEP SAMBALADO JARIANG PICAK :
- sambel jengkol gepeng-
by: @aras_galeri
source : @gieagiesta (dengan sedikit modifikasi)

Bahan
250 gr jengkol tua
1 ons cabe merah kriting
10 cabe rawit merah
4 siung bawang merah
1 tomat
1 sdm bawang goreng
1 sdm ampas minyak
2 sdm minyak tanak
Daun salam & daun jeruk
Garam


CARA MEMBUAT SAMBALADO JARIANG PICAK :
1. Rendam jengkol semalam, buang airnya lalu rebus dengan daun jeruk & salam sekitar 15 menit (resep asli jengkol langsung di goreng dan cemplung ke air dingin lalu pipihkan dengan batu ulekan sampe gepeng), sy rebus dulu jengkolnya krn kualitas jengkol di sini gak sebagus di kampung.
2. Goreng jengkol dalam minyak panas dengan api sedang, lalu pipihkan dengan ulekan
3. Rebus cabe2an, tomat dan bawang, lalu ulek dengan garam & ampas minyak (resep asli cabe gak di rebus tp lsg ulek, sy rebus dulu biar gak terlalu pedes)
4. Panaskan minyak tanak, tumis cabe dan daun jeruk, campurkan dengan bawang goreng dan jengkol (resep asli gak pake daun jeruk & bawang goreng) kalau mau tambah kaldu bubuk silahkan aja.
Temen-temen bisa bikin sesuai selera, mau pake resep asli atau yg sdh sy modifikasi, sama aja enaknya👍😄
.
.
NOTE 🙌 Cara bikin minyak tanak dan ampas minyak 👉santan kental dari 1 butir kelapa tua, di masak lama sampai berminyak dengan api kecil, nanti ampas nya berwarna kecoklatan, saring minyaknya biar terpisah dengan ampasnya

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "RESEP MEMBUAT SAMBALADO JARIANG PICAK"

Posting Komentar