Resep Cara Membuat Roti Tawar

Ini tampak bagian dalam roti tawarnya, tekturnya lembut, pas buat sarapan saya pagi tadi, 'palagi di cocol ke kuah sarikaya duren, alhamdullilah enak, yuk yang mau buat roti tawar sendiri di rumah, gampang bikinnya, jadi gak perlu beli lagi kan..

Resep Roti Tawar
Resep : @fen.z
By : @yoenitaa


Resep dasar roti dengan metode Tang Zhong / Water Roux
Utk membuat Tangzhong bahan yang diperlukan:
50 gr terigu protein tinggi
250 ml susu /air

 
Cara Membuat Tangzhong :
Campur terigu dan susu/air aduk dgn whisk smp tercampur rata dan tdk ada gumpalan tepung. Masak di atas api sedang sambil diaduk dengan whisk sampai adonan mengental dan berjejak. Angkat lalu tuang adonan ke wadah lain dan tutup dengan plastic wrap sampai menyentuh permukaan adonan agar tidak berkulit. Biarkan dingin.

 

Bahan Roti :
550 gr tepung cakra
100 g gula castor / gula halus
8 g garam
15 g bubuk susu full cream
11 gram ragi instant
2 butir telur di kocok lepas
60 g whipping cream (boleh di ganti susu cair dgn berat yg sama)
55 g susu cair
185 g tangzhong
50 g butter, cairkan

 
Cara membuat roti :
- Campur semua bahan kecuali garam dan mentega tawar di baskom besar ulenin sampai membentuk gumpalan dan tidak lengket di sisi baskom. Tambahkan mentega tawar dan garam. Ulenin sampai kalis. - Bulatkan adonan.. Biarkan fermentasi 45 menit.Timbang adonan sesuai dgn uk loyang roti tawar yg tertutup yaitu pxlxt dibagi 4,5 lalu adonan digiling memanjang dan lebarnya sesuai dgn panjang loyang lalu digulung seperti gulung bolu gulung, saya beri isian keju parut, letakkan di atas loyang yg sdh diolesi mentega lalu ditutup.Biarkan fermentasi mengembang hampir mendekati tutup loyang. Lalu oven dgn suhu 200c selama 15 menit lalu turunkan 180 c selama 20 menit.
Karena masih ada sisa adonan, saya bikin variasi roti bentuk lain.
Selamat mencoba.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Resep Cara Membuat Roti Tawar"

Posting Komentar